Sunday, January 31, 2010

Karimun VS Taruna

SUZUKI KARIMUN VS DAIHATSU TARUNA
M E S I N


Dari segi mesin Karimun memang tidak dapat disetarakan dengan Taruna. Karimunmengadopsi mesin milik Suzuki Carry ST100, yang hanya memiliki kapasitas 970 CC,model segaris 4 silinder ala SOHC yang memiliki 8 katup. Sedang Taruna mengambil mesin 1600 CC milik Daihatsu Espass 1.6 model segaris, SOHC, 16 katup. Bila keduanya dibandingkan, prestasi mesin 1600 CC milik Taruna jauh lebih baik dibanding dapur pacu Karimun. Mesin Karimun hanya menghasilkan tenaga 56 Ps / 5.500 rpm, sedang milik Taruna bisa mencapai 86 Pc / 6.000 rpm. Pun begitu dengan torsi maksimalnya, Karimun hanya 7,8 kgm / 4.000 rpm, sedang milik Taruna mencapai 12,6 kgm / 3500 rpm. Untuk urusan urusan dapur pacu, kedua mobil berhidung ini memang tidak sekelas. Karena itu kedua mobil ini dikelompokkan dalam segmen yang berlainan. Bila Karimun masuk ke dalam segmen mobil jenis Multi Purpose Utility ( MPU ), maka Taruna tergolong pada mobil jenis KBNS, -sekelas dengan Kijang, Suzuki Vitara, dan sejenisnya.

B O D I


Dengan begitu, Karimun Karimun bakal menjadi pemain tunggal untuk kelompok MPU berhidung panjang di kelasnya. Di kelas inilah Karimun bakal mempertontonkan kelebihannya. Misalnya mesin yang hemat bahan bakar, satu - satunya MPU berpenggerak roda depan, dan menggunakan suspensi spiral di roda depan dan belakang. Hanya saja, MPU model gres bikinan Suzuki ini cuma dapat ditunggangi 4 orang dewasa, tidak seperti MPU generasi lawas seperti Suzuki Carry Extra 1.0 yang mampu memuat penumpang hingga 7 orang.

Tidak begitu dengan Taruna yang memiliki ruang penampung dan ukuran bodi yang jauh lebih lega. Soalnya, cikal bakal Taruna adalah Terios, jip keluaran Daihatsu yang banyak dipasarkan di Malaysia dan Taiwan. Taruna mampu memuat penumpang 7 orang dewasa, seperti KBNS lainnya. Cuma pihak ASTRA Daihatsu Motor tidak bulat - bulat menyontek semua spesifikasi milik Terios yang dijual di mancanegara. Misal, bila Terios menggunakan mesin 1.300 CC berpenggerak semua roda, maka Taruna meggunakan mesin 1.600 CC dengan sistem penggerak roda belakang.

Lantas, bagaimana dengan bodinya dibandingkan dengan Karimun ?. So pasti Taruna jauh lebih lapang. Jarak porosnya lebih panjang 165 mm, jarak pijak roda depannya lebih lebar 15 mm, dan 25 mm lebih lebar untuk jarak pijak roda belakangnya. Taruna menggunakan pintu bagasi model " lift back ", serupa Kijang. Hanya saja, ban cadangannya ditempatkan pada hanger yang terpasang di pintu belakang, sama persis dengan penempatan ban cadangan pada Nissan Terrano. Dari sisi modis, Taruna terkesan lebih jantan dibanding Karimun yang lebih bertampang imut-imut seperti kebanyakan mobil yng khusus diperuntukkna bagi kaum hawa.

K E N Y A M A N A N


Bagaimana dengan tingkat kenyamanannya ?. Karimun sudah pasti lebih nyaman lantaran bersuspensi seperti kebanyakan sedan : model independen McPherson di bagian depan dan pegas koil di bagian belakang. Sedang Taruna lebih mengutamakan sisi ketangguhan di segala medan dibanding faktor kenyamanan. Seperti diketahui, Jip banci milik Daihatsu ini menggunakan suspensi sama persis dengan Kijang : yang depan model independen berpegas Torsi, sedang yang belakang model kaku dengan pegas daun. Wajar saja bila mobil ini sanggup merambah segala medan jalan, termasuk untuk ber-off-road ria. Tidak seperti Karimun yang hanya mampu dikemudikan di jalan super mulus, seperti lazimnya sedan.

Nah ! mau Karimun yang imut-imut atau Taruna yang gagah perkasa ?

0 komentar: